Cara menulis artikel SEO yang disukai google [Panduan step by step untuk pemula]

Cara menulis artikel seo yang disukai google - Alhamdulillahirrabbil’alamiin bisa berjumpa lagi di blog pendi88, blog tentang tutorial blogger, SEO, dan adsense untuk pemula. Kali ini saya akan mencoba share tentang tips cara menulis artikel seo yang disukai google.

Walaupun mungkin sudah pernah dibahas oleh blogger lain, tetapi mudah-mudahan tulisan saya ini dapat menambah referensi dan banyak hal baru yang bisa didapat keilmuannya. Membuat artikel yang disukai google sebenarnya sangat mudah, tinggal bagaimana anda memoles sebuah bahasa dalam kalimat supaya lebih lezat untuk disantap, hehe.

sebelum saya mempublish artikel ini, terlebih dahulu saya lakukan riset tentang topik yang akan dibahas, yaitu dengan cara melihat di google adword dengan tools gratisannya keyword planner. ternyata dari hasil riset di google adword didapat hanya ada kata kunci "ARTIKEL SEO" di penelusuran google.

artikel seo

maka yang sebelumnya tidak ada kata seo pada judul postingan ini, kemudian saya tambahkan SEO dengan disambungkan kata "ARTIKEL SEO" dengan harapan seperti sebuah kata pepatah "sambil menyelam minum air" atau "sekali dayung 2 - 3 pulau terlampaui" hehe.

maksudnya saya ingin artikel ini disamping kelak bisa nomor 1 di halaman google saat orang mengetikkan kata kunci (keyword) "cara menulis artikel yang disukai google" juga saya ingin nembak kata kunci yang direkomendasikan oleh google yaitu "artikel seo".

setelah mengantongi keyword di google adword menggunakan keyword planner, saya lakukan riset lagi di google search engine dengan membuka google.com, dan mengetikkan "cara menulis artikel yang disukai google" dan ternyata hasil penelusurannya masih rendah.

dari 5 situs yang menempati posisi teratas, saya teliti mengapa mereka dapat meraih posisi teratas halaman 1 google??

artikel seo

untuk situs pertama dia mengoptimasi pada judul dan pada konten yang lengkap. situs ke-2, ketika saya buka ternyata kontennya tidak enak untuk dibaca dan cuma berisi keyword aja. situs ke-3 isinya tidak lengkap hanya beberapa tips saja. situs ke-4 isinya adalah artikel copas dari situs ke-1.

Cara menulis artikel seo yang disukai google
Berikut langkah-langkah menulis artikel yang disukai google. Jaminan 100%! Hehe. Mari kita simak baik-baik penjelasannya secara detil supaya anda sukses saat mendaftarkan blog anda ke program google adsense.

#1 Buat konten artikel yang menarik dan bombastis!
ini wajib! untuk dapat disukai google maka konten yang anda tulis haruslah berkualitas, menarik dan bombastis, hehehe. jangan membuat konten artikel yang biasa-biasa saja kalo anda mau sukses menghasilkan uang dari internet.

#2 Menulislah dengan sepenuh hati seperti membuat pantun/ puisi :)

(Baca artikel yang ditulis dengan sepenuh hati ini klik disini :D )

#3 Buat content berkualitas


#4 Buat artikel yang baik dan benar


#5 Menulis informasi baru (fresh) atau up to date

Fresh : artikel anda masih seger belum ada/ masih jarang blog lain yang membahas tentang topic artikel anda.

Up todate : berita atau informasi yang lagi panas (hot)

Missal : teknologi terbaru/ teknologi masa depan, ponsel terbaru dan system operasi android contohnya, laptop dengan model dan design terbaru atau laptop tercanggih yang baru release, berita selebritis terbaru/ ter-HOT, tentang kejadian/ peristiwa penting dalam dan luar negeri, serta yang terbaru-terbaru lainnya.

#6 Minimal 1000 kata
Ya! Anda harus membuat artikel minimal 1000 kata. Bagaimana cara menghitung katanya?? Gampang, anda bisa lihat di bagian bawah Microsoft office word. Disitu terdapat jumlah kata yang ada pada setiap dokumen.

#7 Menggunakan bahasa manusia dan mengandung keyword
Artinya menggunakan bahasa manusia adalah artikel yang anda tulis harus dengan mudah dapat dipahami oleh para pembaca yang membutuhkan informasi tentang sesuatu topic tertentu yang mereka cari.

#8 Memiliki urutan atau struktur paragraph yang jelas
Gunakan trik 5w + 1h, gunakan struktur kalimat yang mudah dipahami, dan gunakan paragraph pembuka, paragraph isi dan paragraph penutup.

#9 Tidak berbohong (jujur)
Artikel berisi hal-hal yang factual (berdasarkan fakta), kalopun fiktif ya misalnya tentang scenario film. Jujur disini adalah isi artikel jangan hanya memuat kata kunci saja tetapi benar-benar bermanfaat bagi orang lain.

#10 Bukan copy paste/ plagiat
kalo artikel anda mau disukai sama google, maka jangan sekali-kali anda membuat konten yang isinya cuma copy paste. karena justru nantinya akan merepotkan anda sendiri.

#11 letakkan keyword pada deskripsi penelusuran
salah satu trik menjadikan artikel disukai om google (artikel seo) adalah dengan cara meletakkan keyword (kata kunci atau phrase kunci) di dalam meta deskripsi atau deskripsi penelusuran pada saat posting. langkah ini adalah wajib dan suatu keharusa.

#12 postingan bukan hanya gambar
untuk membuat sebuah postingan yang baik dan benar, juga berkualitas anda harus MENULIS, MENULIS, dan MENULIS. bukan cuma mengupload gambar saja karena gambar digunakan untuk sebagai pelengkap bukan konten utama.

#13 letakkan kata kunci (keyword) pada judul postingan
seperti yang ada di judul artikel ini "cara menulis artikel seo yang disukai google" ini sudah merupakan salah satu memaksimalkan kata kunci untuk artikel postingan anda.


artikel seo




#14 letakkan kata kunci (keyword) pada paragraf pertama artikel/ postingan
lihat gambar diatas, banyak sekali kata kunci atau kalimat kunci tentang "cara menulis artikel seo yang disukai google" terutama pada kalimat pertama dan paragraf pertama pada postingan ini.

#15 Tidak mengandung konten dewasa
ini dilarang keras!! jangan menggunakan kata-kata di dalam postingan tentang p*r*o, s#x, dll.

#16 letakkan kata kunci pada URL
lihat juga pada gambar diatas, dimana kata kunci saya terapkan di URL postingan.

#17 Tidak mengandung hal-hal sensitive yang dilarang
jangan menulis tentang kebencian, ketidaksukaan, s#ra, dll.

#18 Banyak dicari orang (keyword penelusuran banyak)
gunakan juga google adword dengan tools gratisannya keyword planner.

#19 Sedikit situs yang membahas (kompetisi rendah)
gunakan bantuan google adword menggunakan keyword planner untuk mengetahui kata kunci mana yang masih sedikit dibahas dan memiliki rata-rata penelusuran paling banyak per bulannya.

#20 Tidak melakukan SEO curang
kalo anda mau langgeng berbisnis menciptakan mesin uang dengan google adsense, maka jangan sekali-kali anda berani untuk curang melakukan optimasi (yang dikenal dengan SEO = search engine optimation) yang berlebihan padahal kontenya kosong bahkan tidak bermanfaat sedikitpun.

#21 pasang video dan gambar yang relevan (sesuai konten)
kalo bisa dan memang anda punya video yang berkaitan dengan artikel anda, silahkan pasang di postingan yang sebelumnya diupload melalui youtube, dan link nya ditaruh di artikel anda. begitu juga dengan gambar/image. untuk gambar, optimasikan dengan menambahkan ALT dan title pada properties.

#22 Pasang internal link dan external link

berikut penjelasan tentang internal link dan external link.

external link 

eksternal link artinya adalah link keluar. link keluar berarti link yang terhubung ke luar dari situs anda sendiri. memasang link keluar sangatlah bagus dan baik dilakukan karena akan menambah nilai dan kualitas blog anda asalkan sesuai aturan main.

berbagai trik agar kegiatan memasang external link (link keluar) di blog anda bisa menjadi pendongkrak ramainya pengunjung blog.

#1. memasang link keluar yang relevan/ sesuai dengan topik yang dibahas

#2. gunakanlah attribut nofollow pada saat meng-link-kan sebuah frase,kata, atau kalimat

#3. dilarang keras menggunakan keyword target sebagai anchor text

#4. memasang link ke blog yang anda sukai atau situs otoritas yang memiliki artikel bebas (contoh: Wikipedia)

trik memasang link ke artikel lain yang relavan di blog kita merupakan hal yang sangat penting karena dapat membantu robot mesin pencari (search engine) terutama google searh untuk menemukan artikel di blog kita supaya lebih cepet terindeks google
 
pasang internal link

kita bahas dulu apa itu internal link? internal link artinya adalah link kedalam. link ke dalam berarti link yang menautkan ke link artikel lain maupun link artikel itu sendiri dalam sebuah blog yang sama.

#23 embed (sematkan tautan ke media sosial dan youtube)
jika anda sudah memiliki channel youtube, silahkan tambahkan link blog anda pada deskripsi video youtube anda supaya orang yang menonton video youtube juga akan mengklik link situs blog anda. kan lumayan dapet trafik dari youtube juga, hehe...

itulah 23 tips bagaimana cara menulis artikel seo yang disukai google yang mudah-mudahan bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi bagi blogger pemula seperti saya ini. demikian dan terimakasih. salam.

salam sukses!
3 Komentar untuk "Cara menulis artikel SEO yang disukai google [Panduan step by step untuk pemula]"

dibahas dengan "smart", (campuran kata Indonesia Inggris yang tidak disukai google) hehehe... mantap sekali infonya ini. sangat lengkap dan berani berbagi... sukses selalu buat agan. Tq

mgkn harus diupdate lagi tuh artikel supaya tambah lengkap ilmunya, hehe... terimakasih gan suah ikut membaca artikel saya, semoga bermanfaat...hehe good luck juga :)

Silakan tinggalkan komentar atau pesan!

- Dilarang meninggalkan link pada kolom komentar (kecuali diperlukan).
- Dimohon untuk tidak melakukan spam
- Berkomentarlah secara etis
- Mohon maaf apabila kami tidak sempat membalas komentar Anda
- Terimakasih atas komentar Anda yang relevan

Back To Top